nahh sekarang kita akan bahas dulu tentang AWT (Abstract Windowing Toolkit) :)
Abstract Window Toolkit adalah alat pengembangan software asli milik Java yang khusus ditujukan untuk membuat GUI (Graphical User Interface). Hal ini berarti berkaitan dengan pembuatan dan pengaturan Window (misalnya JFrame, Jpanel, dan Container), Graphics (misalnya Paint, Color, dan Font), dan user interface (misalnya MouseListener dan ActionListener).
Class AWT
Deskripsi
Komponen :
Abstract Class untuk object yang dapat ditampilkan pada console dan
berinteraksi
dengang user. Bagian utama dari semua class AWT.
Kontainer :
Abstract Subclass dari Component Class. Sebuah komponen yang dapat
menampung
komponen yang lainnya.
Panel :
Turunan dari Container Class. Sebuah frame atau window tanpa titlebar,
menubar
tidak termasuk border. Superclass dari applet class.
Window :
Turunan dari Container class. Top level window, dimana berarti tidak bisa
dimasukkan
dalam object yang lainnya.Tidak memiliki border dan menubar.
Frame :
Turunan dari window class. Window dengan judul, menubar, border dan
pengatur
ukuran di pojok. Memiliki empat constructor , dua diantaranya
memiliki
penulisan seperti dibawah ini :
Frame()
Frame(String
title)
Beberapa
method grafik ditemukan dalam class Graphic. Dibawah ini adalah daftar dari
beberapa
method.
drawLine(),
drawPolyline(),
setColor(),
fillRect(),
drawPolygon(),
getFont(),
drawRect(),
fillPolygon(),
setFont(),
clearRect(),
getColor(),
drawString(),
Sebagai
contoh Aplikasi sedrhana yang menggunakan AWT pada java diantaranya adalah
1. Membuat Emote
Smile, Nama dan Memasukkan Gambar
Coding
/*
* To change this template, choose
Tools | Templates
* and open the template in the
editor.
*/
package helloawt;
import java.awt.Color; // menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class
color yang ada pada java.awt
import java.awt.Font; // menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class
Font yang ada pada java.awt
import java.awt.Frame; // menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class
Frame yang ada pada java.awt
import java.awt.Graphics; // menjelaskan bahwa kita akan menggunakan
class Graphics yang ada pada java.awt
import java.awt.Image; // menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class
image yang ada pada java.awt
import java.awt.Panel; // menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class
panel yang ada pada java.awt
import java.awt.Toolkit; // menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class
Toolkit yang ada pada java.awt
/**
*
* @author smkn4
*/
public class HelloAWT extends Panel { //meng-extend class Panel, sehingga
kita dapat mewariskan semua properti dan method dari setiap class Panel yang
ada.
HelloAWT(){
setBackground(new
Color(32,125,252)); //memberi warna bagrouud
}
public void paint(Graphics r){
//Nama dan kelas
r.setColor(Color.YELLOW);
r.setFont(new
Font("Palatino Linotype",Font.BOLD,26));
r.drawString("Nama : Risya Rahmi Maulida", 0, 350);
r.drawString("Kelas :
XII RPL 3", 430, 350);
//bentuk muka
r.setColor(Color.red);
r.fillArc(270, 50 , 180,
180, 0, 360);
//Bola mata putih
r.setColor(Color.WHITE);
r.fillOval(300, 90, 35, 50);
r.fillOval(365, 90, 35, 50);
//Bola mata hitam
r.setColor(Color.BLACK);
r.fillOval(300, 95, 20, 30);
r.fillOval(365, 95, 20, 30);
//Mulut
r.setColor(Color.WHITE);
r.fillArc(310, 115 , 100,
100, 0, -180);
//gambar
Image gambar =
Toolkit.getDefaultToolkit().getImage("Koala.jpg");
r.drawImage(gambar, 100, 0,
150, 100, this);
}
//Frame
public static void
main(String[] args) {
Frame f = new Frame ();
HelloAWT H = new HelloAWT();
f.add (H);
f.setSize(650, 400); //
ukuran x=600 (lebar), y=300 (tinggi)
f.setVisible(true);
}
}
Output :
Download File.Jarhttp://www.ziddu.com/download/20696979/HelloAWT.jar.html
Download.Class
http://www.ziddu.com/download/20697010/helloawt.rar.html
0 komentar:
Posting Komentar