Pages

Program Menentukan Jumlah Bilangan Bulat dan Pecahan

Algoritma untuk menentukan jumlah bilangan bulat dan pecahan :

Input
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : N
Bilangan ke 1 :
Bilangan ke 2 :
…………………
………………...
Bilangan ke N :

Output
Jumlah Bilangan Bulat  :
Jumlah Bilangan Pecahan :

Contoh :
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : 5
Bilangan ke 1 : 5
Bilangan ke 2 : 7.3
Bilangan ke 3 : 9.45
Bilangan ke 4 : 4.22
Bilangan ke 5 : 2

Output
Jumlah Bilangan Bulat   : 2
Jumlah Bilangan Pecahan  :  3



Berikut langkah-langkah untuk membuat program diatas :

1. Membuat koding program menggunakan notepad, wordpad, notepad++, Netbans atau tools text editor lainnya.
Disini saya Menggunakan Netbeans :)
2. Membuat Progarm dengan Algoritma diatas seperti dibawah ini :
- membuat class terlebih dahulu
Class seleksi
    class utama atau class untuk proses dari program yang akan dibuat



Coding Class Seleksi


/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package risya;

/*sebuah class di java yang tepatnya terdapat pada package java.io */
import java.io.BufferedReader;                
/*memanggil class yang berfungsi menangkap kesalahan yang bertipe IOException*/
import java.io.IOException;                  
/*class abstrak yang memperpanjang class object*/
import java.io.InputStreamReader;            
/*Memanggil class yang berfungsi sebagai inputan*/
import java.util.Scanner;                    

/**
 *
 * @author Razor
 */
public class seleksi
{
        // TODO code application logic here
    /*Deklarsi */
    public double [] bilangan = new double [100];
    public double [] bulat = new double[100];
    public double [] pecahan = new double[100];
    public int n = 0 ;

    /** Pemasukan bilangan */
    /*berfungsi sebagai method PemasukanBilangan*/
    public void PemasukanBilangan()                                                  
    {
//memanggil class variabel s sebagai inputan
        Scanner s = new Scanner(System.in);                                          
//membuat objek baru untuk mengambil input
        BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));

        /*output*/
System.out.print("Jumlah bilangan yang akan dimasukan : ");                  
        // mendeklarasikan bahwa n adalah inputan dari s
n = s.nextInt();                                                              
     
//data yg di masukan
//pengulangan menggunakan for dimulai dari angka satu. nilai variabel i-
        //lebih kecil atau sama dengan nilai variabel n i++ berarti menambahkan nilai-
//1 pada i,lalu mengevaluasi nilai i sebelum di-incremintasi / ditambahkan
for(int i=1; i<=n; i++)
                                                                                     
                                                                                     
        {
    //perintah yang ingin dijalankan jika inputan berhasil berfungsi seperti else
            try                                                                      
            {
// membuat output Bilangan ke i
                System.out.print("Bilangan ke " + i + " : ");
// membuat inputan menjadi tipe data double (pecahan/bilangan)                      
                bilangan[i] = Double.parseDouble(dataIn.readLine());                  
            }
     //perintah yang dijalankan apabila terjadi kesalahan pada inputan
             catch(IOException e)                                                    
            {
     //output ketika user salah inputan
             System.out.println("Maaf program tidak dapat diproses !");              
            }
        }
    }

    /***** Proses penyeleksian antara bilangan bulat dan pecahan *****/
    public void seleksi()
        {
    //pengulangan untuk menyeleksi
    for (int i=1; i<=n; i++)                                                          
   {
    // jika (sisa pembagian bilangan 2 tidak sama dengan 0) maka operasi bernilai-
    //true dan operasi berikutnya jalan sedangkan jika bernilai false maka-
    //operasi lain tidak bisa di jalankan karena aka bernilai false juga.
    if((bilangan[i] %2 != 0)&&(bilangan[i] %2 != 1)&&(bilangan[i] %2 != -1))          
                                                                                     
    {
        //masukan bilangan ke pecahan                                                                              
        pecahan[i] = bilangan[i];
    }
        else
    {
        //masukan bilangan ke bulat
        bulat[i] = bilangan[i];
    }
    }
}

    /**Output Program*/
    public void OutputProgram()
    {
    // menampilkan output bertuliskan "Output"
    System.out.println("\nOutput");
    //output bilangan Jumlah Bilangan bulat
    System.out.print("Jumlah Bilangan bulat = ");

    // mendeklarasikan variabel BilBul dengan konstanta 0
    int BilBul = 0;
    //pengulangan ber-tipe data integer, i dimulai dari 1 dan nilai i-
    //lebih kecil atau sama dengan nmaka nilai i ditambah 1, atau  mengevaluasi-
    //nilai i sebelum di-incremintasi / ditambahkan
    for(int i=1; i<=n; i++)
 
    {
//jika bulat tidak sama dengan 0 maka...
        if(bulat[i] != 0)
        {
    //ditambahkan nilai 1 pada BilBul, mengevaluasi nila-
    //BilBul sebelum di-incremintasi / ditambahkan
            BilBul++;
        }
    }
//menampilkan BilBul
        System.out.print(" " + BilBul);
        System.out.print("\n");

        //output bilangan pecahan
        System.out.print("Jumlah Bilangan pecahan = ");
// mendeklarasikan variabel p(pecahan) dengan konstanta 0
        int p = 0;      
//pengulangan output pecahan
        for(int i=1; i<=n; i++)
        {
    // jika pecahan tidak sama dengan 0 maka..
            if(pecahan[i] != 0)                                                      
            {
//ditambahkan nilai 1 pada p, mengevaluasi nilai p-
sebelum di-incremintasi / ditambahkan
                p++;                                                                  
            }
    }
//menampilkan nilai p
        System.out.print(" " + p);
//jarak atar baris ketika di running atau disebut dengan enter
        System.out.print("\n");                                                      
    }
}


Class pemanggilan
     class untuk memanggil program yang akan di jalankan pada class seleksi.


Coding Class Pemanggilan

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package risya;

/**
 *
 * @author Razor
 */
public class pemanggilan {
    public static void main(String [] args)//menjalankan eksekusi
    {
        //pemanggilan method tertentu dan memiliki fungsi kembalian
        //menjalankan method yang ada pada class JumlahBilanganBulatPecahan
        seleksi panggil = new seleksi ();
        panggil.PemasukanBilangan();//memanggil metod PemasukanBilangan
        panggil.seleksi();//memanggil method seleksi
        panggil.OutputProgram();//memanggil method OutputProgram
    }
}

output :


alhmdulillah :)

bisa di download :
.class

.jar

0 komentar:

Posting Komentar