Algoritma untuk menentukan jumlah bilangan bulat dan pecahan :
Input
Jumlah
bilangan yang akan dimasukan : N
Bilangan
ke 1 :
Bilangan
ke 2 :
…………………
………………...
Bilangan
ke N :
Output
Jumlah
Bilangan Bulat :
Jumlah
Bilangan Pecahan :
|
Contoh
:
Jumlah
bilangan yang akan dimasukan : 5
Bilangan
ke 1 : 5
Bilangan
ke 2 : 7.3
Bilangan
ke 3 : 9.45
Bilangan
ke 4 : 4.22
Bilangan
ke 5 : 2
Output
Jumlah
Bilangan Bulat : 2
Jumlah
Bilangan Pecahan : 3
|
Berikut langkah-langkah untuk membuat program diatas :
1. Membuat koding program menggunakan notepad, wordpad, notepad++, Netbans atau tools text editor lainnya.
Disini saya Menggunakan Netbeans :)
2. Membuat Progarm dengan Algoritma diatas seperti dibawah ini :
- membuat class terlebih dahulu
Class seleksi
class utama atau class untuk proses dari program yang akan dibuat
Coding Class Seleksi
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package risya;
/*sebuah class di java yang tepatnya terdapat pada package java.io */
import java.io.BufferedReader;
/*memanggil class yang berfungsi menangkap kesalahan yang bertipe IOException*/
import java.io.IOException;
/*class abstrak yang memperpanjang class object*/
import java.io.InputStreamReader;
/*Memanggil class yang berfungsi sebagai inputan*/
import java.util.Scanner;
/**
*
* @author Razor
*/
public class seleksi
{
// TODO code application logic here
/*Deklarsi */
public double [] bilangan = new double [100];
public double [] bulat = new double[100];
public double [] pecahan = new double[100];
public int n = 0 ;
/** Pemasukan bilangan */
/*berfungsi sebagai method PemasukanBilangan*/
public void PemasukanBilangan()
{
//memanggil class variabel s sebagai inputan
Scanner s = new Scanner(System.in);
//membuat objek baru untuk mengambil input
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
/*output*/
System.out.print("Jumlah bilangan yang akan dimasukan : ");
// mendeklarasikan bahwa n adalah inputan dari s
n = s.nextInt();
//data yg di masukan
//pengulangan menggunakan for dimulai dari angka satu. nilai variabel i-
//lebih kecil atau sama dengan nilai variabel n i++ berarti menambahkan nilai-
//1 pada i,lalu mengevaluasi nilai i sebelum di-incremintasi / ditambahkan
for(int i=1; i<=n; i++)
{
//perintah yang ingin dijalankan jika inputan berhasil berfungsi seperti else
try
{
// membuat output Bilangan ke i
System.out.print("Bilangan ke " + i + " : ");
// membuat inputan menjadi tipe data double (pecahan/bilangan)
bilangan[i] = Double.parseDouble(dataIn.readLine());
}
//perintah yang dijalankan apabila terjadi kesalahan pada inputan
catch(IOException e)
{
//output ketika user salah inputan
System.out.println("Maaf program tidak dapat diproses !");
}
}
}
/***** Proses penyeleksian antara bilangan bulat dan pecahan *****/
public void seleksi()
{
//pengulangan untuk menyeleksi
for (int i=1; i<=n; i++)
{
// jika (sisa pembagian bilangan 2 tidak sama dengan 0) maka operasi bernilai-
//true dan operasi berikutnya jalan sedangkan jika bernilai false maka-
//operasi lain tidak bisa di jalankan karena aka bernilai false juga.
if((bilangan[i] %2 != 0)&&(bilangan[i] %2 != 1)&&(bilangan[i] %2 != -1))
{
//masukan bilangan ke pecahan
pecahan[i] = bilangan[i];
}
else
{
//masukan bilangan ke bulat
bulat[i] = bilangan[i];
}
}
}
/**Output Program*/
public void OutputProgram()
{
// menampilkan output bertuliskan "Output"
System.out.println("\nOutput");
//output bilangan Jumlah Bilangan bulat
System.out.print("Jumlah Bilangan bulat = ");
// mendeklarasikan variabel BilBul dengan konstanta 0
int BilBul = 0;
//pengulangan ber-tipe data integer, i dimulai dari 1 dan nilai i-
//lebih kecil atau sama dengan nmaka nilai i ditambah 1, atau mengevaluasi-
//nilai i sebelum di-incremintasi / ditambahkan
for(int i=1; i<=n; i++)
{
//jika bulat tidak sama dengan 0 maka...
if(bulat[i] != 0)
{
//ditambahkan nilai 1 pada BilBul, mengevaluasi nila-
//BilBul sebelum di-incremintasi / ditambahkan
BilBul++;
}
}
//menampilkan BilBul
System.out.print(" " + BilBul);
System.out.print("\n");
//output bilangan pecahan
System.out.print("Jumlah Bilangan pecahan = ");
// mendeklarasikan variabel p(pecahan) dengan konstanta 0
int p = 0;
//pengulangan output pecahan
for(int i=1; i<=n; i++)
{
// jika pecahan tidak sama dengan 0 maka..
if(pecahan[i] != 0)
{
//ditambahkan nilai 1 pada p, mengevaluasi nilai p-
sebelum di-incremintasi / ditambahkan
p++;
}
}
//menampilkan nilai p
System.out.print(" " + p);
//jarak atar baris ketika di running atau disebut dengan enter
System.out.print("\n");
}
}
Class pemanggilan
class untuk memanggil program yang akan di jalankan pada class seleksi.
Coding Class Pemanggilan
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package risya;
/**
*
* @author Razor
*/
public class pemanggilan {
public static void main(String [] args)//menjalankan eksekusi
{
//pemanggilan method tertentu dan memiliki fungsi kembalian
//menjalankan method yang ada pada class JumlahBilanganBulatPecahan
seleksi panggil = new seleksi ();
panggil.PemasukanBilangan();//memanggil metod PemasukanBilangan
panggil.seleksi();//memanggil method seleksi
panggil.OutputProgram();//memanggil method OutputProgram
}
}
output :
.jar
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package risya;
/**
*
* @author Razor
*/
public class pemanggilan {
public static void main(String [] args)//menjalankan eksekusi
{
//pemanggilan method tertentu dan memiliki fungsi kembalian
//menjalankan method yang ada pada class JumlahBilanganBulatPecahan
seleksi panggil = new seleksi ();
panggil.PemasukanBilangan();//memanggil metod PemasukanBilangan
panggil.seleksi();//memanggil method seleksi
panggil.OutputProgram();//memanggil method OutputProgram
}
}
output :
alhmdulillah :)
bisa di download :
.class
0 komentar:
Posting Komentar